Airplane Boneyard Menghibah F-16 untuk Indonesia

amarg-davis-monthan-afb-work-areas
Pesawat F-16 C/D Block 52ID bantuan Amerika diambil dari Davis-Monthan Air Force Boneyard di Tucson. Tempat apa ini sebenarnya?

Tempat ini memang dihuni ribuan pesawat dari berbagai jenis. Terletak di Tucson, Arizona, Amerika Serikat (AS). Tempat ini merupakan satu fasilitas milik 309th Aerospace Maintenance and Regeneration Group (AMARG) dan digunakan untuk kuburan pesawat.
Komplek pemakaman yang bergelar The Boneyard ini bernilai USD35 miliar (Rp326 triliun) dan membentang sejauh 1.052 hektare. Sebelum digelari The Boneyard, area pemakaman di Tucson, Arizona ini tidak bernama. Menurut pejabat AMARG, The Boneyard menyimpan 4.200 pesawat tempur dan 40 alat transportasi udara lain.
The Boneyard bukanlah pemakaman misterius. Keberadaan area pemakaman ini sudah diketahui 60 tahun lalu. Ukurannya yang super besar sama dengan 1.300 titik lempar (pitch) dalam permainan American football.
Di antara ribuan pesawat yang terparkir, tampak pesawat tempur jenis B-52. Pesawat bersejarah ini pernah mengangkut pasukan pengeboman saat Perang Dingin berkecamuk. Sejak 1990, pesawat B-52 berhenti mengudara.
Militer AS menggunakan nama David-Monthan Air Force Base untuk mengenang dua pilot PD I asal Tucson, Letnan Samuel H. Davis dan Oscar Monthan. Keduanya tewas dalam kecelakaan pesawat. Davis meninggal dalam kecelakaan pesawat di Florida, sedangkan Monthan meninggal di Hawaii pada 1924
Dengan kelembaban rendah yakni 10%-20%, curah hujan sedikit, dan ketinggian tinggi 2.550 kaki memungkinkan pesawat untuk secara alami diawetkan untuk kanibalisasi atau kemungkinan digunakan kembali.
Pada bulan Mei 1946 lebih dari 600 B-29 Superfortresses dan 200 C-47 Skytrains dipindahkan ke Davis-Monthan. Beberapa dipertahankan dan kembali beraksi dalam Perang Korea.
Pada bulan Februari 1956, pertama Convair B-36 Peacemaker tiba di Davis Monthan AFB untuk scrapping. Semua armada 384  ini akhirnya akan dibongkar kecuali untuk empat sisa B-36 disimpan untuk museum udara.
Pada tahun 1965, Departemen Pertahanan memutuskan untuk menutup fasilitas penyimpanan Litchfield Park di Phoenix, dan mengkonsolidasikan armada udara surplus Angkatan Laut ke Davis-Monthan. Seiring dengan langkah ini, nama 704th Air Force Storage and Disposition Group diubah menjadi Military Aircraft Storage and Disposition Center (MASDC).
Pada awal 1965, pesawat dari Litchfield Park mulai pindah ke Tucson, sebagian besar digerakkan oleh truk alternatif yang lebih murah daripada harus menghilangkan penutup pesawat kemudian terbang sendiri.
Yang terakhir jet bomber B-47 Angkatan Udara pensiun pada akhir tahun 1969 dan seluruh armada dibongkar di Davis Monthan-kecuali  disisakan sekitar 30 Stratojets untuk dipamerkan di museum. Pada tahun 1985, nama fasilitas diubah lagi, dari MASDC ke  Aerospace Maintenance and Regeneration Center (AMARC). Pada 1990-an 365
Surplus B-52 Stratofortress pembom dibongkar di fasilitas itu.  Peran lain dari AMARG adalah untuk mendukung program mengubah jet tempur tua, seperti F-4 Phantom II dan F-16, menjadi drone sasaran udara yang digunakan untuk latihan.
AMARG menggunakan kode resmi penyimpanan.
Kode “1000” adalah  pesawat yang disimpan untuk penyimpanan jangka panjang dengan perawatan penuh untuk suatu saat dipanggil ke dinas aktif lagi. Pesawat ini “represerved” setiap empat tahun.
Kode  “2000” adalah pesawat yang tersedia untuk bagian yang masih bisa digunakan bagian-bagiannya untuk merawat pesawat yang masih aktif.
Kpde “3000”  Pesawat disimpan dalam kondisi dapat diterbangkan setiap saat, penyimpanan sementara; menunggu transfer ke unit lain, dijual ke negara lain, atau reklasifikasi ke tiga jenis lainnya.
Kode “4000”  pesawat lebih dari kebutuhan DoD. Biasanya akan dihancurkan dijual dan didaur ulang.
Dan inilah foto-foto dari tempat tersebut
us-airforce-c22-transportrf4c-phantom-68-0599-leaves-davis-monthan-amarg-april-2013helicopters-in-storage-davis-monthan-afb-amargf111-aardvarks-davis-monthan-afb-amargf100-davis-monthan-amarg-celebrity-rowf84f-thunderstreaks-davis-monthan-amargf14-davis-monthan-afb-amarg-aircraft-boneyardf4-phantoms-parked-davis-monthan-afb-amargdavis-monthan-amarg-aerial-view-closeup-fightersdavis-monthan-afb-boneyard-c130-oct2012davis-monthan-afb-boneyard-amarg-kc135-oct2012convair-b36-peacemaker-bombers-davis-monthancelebrity-row-davis-monthan-afb-amargc135-davis-monthan-air-force-base-amarg-boneyardboeing-727-davis-monthan-afb-amarg-boneyard-tucsonboeing-707s-davis-monthan-afb-amargboeing-707-davis-monthan-afb-amarg-tucson-desertb47-stratojets-davis-monthan-amargb29-superfortresses-cocooned-davis-monthan-afb-tucson-1950b1b-lancer-bomber-davis-monthan-afb-amargamarg-davis-monthan-boneyard-long-term-storageamarg-davis-monthan-afb-work-areasamarg-davis-monthan-afb-tucson-arizonaamarg-davis-monthan-afb-c5-galaxy-reclamationamarg-davis-monthan-afb-c5a-galaxies-arizona-boneyardamarg-davis-monthan-afb-aerial-view-2011amarg-davis-monthan-afb-a10-thunderbolts-storageamarg-davis-monthan-aerial-view-closeupamarg-aerial-view-kc135-stratotankersamarg-aerial-view-closeup-arizona

Comments